CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 09 November 2011

PERAN MASYARAKAT TERHADAP BUDAYA SENI YANG ADA DI INDONESIA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Seni,sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia. Ketika seseorang berusaha memperbaiki kebudayaannya yang telah runtuh, disitulah orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Dari banyaknya budaya yang beredar di masyarakat kita, Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.
Masyarakat kita mempunyai banyak kebudayaan seni yang beredar di Indonesia. Misalnya, tari tayub, tari keurseus, kecapi kiter, wayang golek, ibing pencak, seni longer, angklung baduy, seni patung dan tentunya masih banyak lagi.







1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat di rumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa saja sistem kesenian itu?
2. Bagaimana peranan masyarakat terhadap budaya kesenian yang ada di Indonesia?
1.3 Tujuan Penulisan
Dalam penulisan karya tulis, penulis bertujuan:
1. Untuk mengetahui sistem kesenian itu.
2. Untuk mengetahui peranan masyarakat terhadap budaya kesenian yang ada di Indonesia.










BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Macam- macam Sistem Kesenian
Menurut sejarah, kebudayaan Indonesia merupakan suatu hasil proses yang panjang sekali dan telah berkali-kali mengalami kontak dengan kebudayaan yang datang dari luar. Walaupun demikian, bangsa Indonesia telah berhasil mengolah semua masakan dari luar menjadi miliknya sendiri sesuai dengan kondisi sosialnya sendiri, sehingga menjadi kebudayaan yang berkepribadian Indonesia. Bangsa Indonesia telah berhasil mewujudkan kemampuannya sendiri. Berdasarkan data empiris kebudayaan Indonesia dibagi menjadi empat:
1. Sistem budaya kelompok ethnis pribumi yang masing-masing beranggapan, bahwa kebudayaan mereka itu diwariskan secara turun temurun sejak nenek moyang yang hidup di alam dongeng. Masing-msing budaya kelompok ethnis ini mempunyai tanah asal, wilayah tempat para nenek moyang menetap dan asal mula masyarakat etnik itu. Sistem budaya ini biasanya disebut sistem adat atau adat.
2. Sistem budaya agama besar yang tanpa kecuali berasal dari luar Indonesia. Sistem budaya jenis ini mempunyai banyak pengikut di luar Indonesia dan inilah yang merupakan pembeda yang terpenting antara sistem budaya yang berdasarkan agama dengan sistem budaya yang berdasarkan sistem adat.
3. Sistem budaya yang merupakan satu-satunya ialah sistem budaya Indonesia. Ia merupakan yang termuda diantara sistem budaya lainnya, namun merupakan yang terpenting jika dipandang dari sudut fungsinya dan pengintegrasian masyarakat Indonesia secara total. Semua penduduk, baik yang pribumi maupun non pribumi dapat dianggap sebagai anggota sistem budaya ini.
4. Sistem budaya yang majemuk yang terdiri dari sistem-sistem budaya asing yang sedikit banyak mempengaruhi pikiran, sikap dan tindakan sebagian dari penduduk yang tersebar di kepulauan Indonesia.
Setiap sistem budaya diatas mempunyai unsur tertentu seperti kosa kata, kepercayaan, pengetahuan, norma, atau isyarat yang berbeda satu sama lain. Namun pada saat yang bersamaan juga dapat menjadi bagian dari sistem budaya yang lain.
Sistem seni adalah sistem seni yang dipengaruhi oleh cybernetics , dan teori sistem , yang mencerminkan pada sistem alam, sistem sosial dan tanda-tanda sosial dari dunia seni itu sendiri.
Ada beberapa istilah mengenai sistem seni, anti bentuk gerakan, seni cybernetic, sistem generatife, proses seni, seni sistemik, lukisan sistematik, dan sistem patung.
a) Anti bentuk gerakan: Pada awal 1960-an Minimalis muncul sebagai gerakan abstrak dalam seni (dengan akar dalam abstraksi geometris melalui Malevich , Bauhaus dan Mondrian ) yang menolak gagasan relasional, dan lukisan subjektif, kompleksitas Abstrak ekspresionis permukaan, dan emosional Zeitgeist dan polemik hadir di arena lukisan Aksi .
Terkait dengan pelukis seperti Frank Stella , minimalisme dalam lukisan karena bertentangan dengan daerah lain adalah sebuah gerakan modernis. Tergantung pada konteksnya, minimalis mungkin ditafsirkan sebagai pelopor untuk gerakan postmodern. Dilihat dari perspektif penulis yang kadang-kadang mengklasifikasikan sebagai gerakan postmodern, minimalis awal mulai dan berhasil sebagai gerakan modernis untuk menghasilkan karya maju, tetapi yang sebagian ditinggalkan proyek ini ketika beberapa seniman berubah arah mendukung gerakan anti-bentuk.
Pada akhir tahun 1960 istilah Postminimalism ini diciptakan oleh Robert Pincus-Witten untuk menggambarkan seni yang berasal minimalis nuansa konten dan kontekstual yang minimalis ditolak, dan diaplikasikan pada pekerjaan Eva Hesse, Keith Sonnier, Richard Serra dan pekerjaan baru oleh mantan minimalis Robert Smithson, Robert Morris, Bruce Nauman, Sol LeWitt, dan Barry Le Va, dan lain-lain. Minimalis seperti Donald Judd, Dan Flavin, Carl Andre, Agnes Martin, John McCracken dan lain-lain terus memproduksi lukisan-lukisan modernis dan patung selama sisa karir mereka.
b) Seni cybernetic: Audio feedback dan penggunaan loop tape, sintesis suara dan komposisi dihasilkan komputer mencerminkan kesadaran cybernetic informasi, sistem dan siklus. Teknik-teknik tersebut menjadi meluas pada tahun 1960 dalam industri musik. Efek visual umpan balik elektronik menjadi fokus penelitian artistik di akhir 1960-an, ketika peralatan video pertama mencapai pasar konsumen. Steina dan Woody Vasulka, misalnya, digunakan “segala macam dan kombinasi sinyal audio dan video untuk menghasilkan umpan balik elektronik di masing-masing media yang sesuai”.
Dengan kerja terkait oleh Edward Ihnatowicz, Tsai Wen-Ying dan ahli sibernetika Gordon Pask dan kinetika animisme Robert Breer dan Jean Tinguely, tahun 1960-an menghasilkan strain seni cyborg yang sangat prihatin dengan sirkuit bersama dalam dan di antara yang hidup dan teknologi. Sebuah garis cyborg teori seni juga muncul selama akhir 1960-an. Penulis seperti Jonathan Benthall dan Gene Youngblood menarik pada Cybernetics dan cybernetic. Kontributor paling substansial di sini adalah seniman Inggris dan teori Roy Ascott dengan esainya “Seni behavioris dan Visi cybernetic” di jurnal Cybernetica (1976), dan kritikus Amerika dan teori Jack Burnham .Dalam “Selain patung modern” dari tahun 1968 ia membangun seni cybernetic menjadi sebuah teori yang luas yang berpusat pada drive seni untuk meniru dan akhirnya mereproduksi kehidupan.
c) Sistem generative: Seni generatif adalah seni yang telah dihasilkan, terdiri atau dibangun dalam suatu algoritma dengan cara melalui penggunaan sistem didefinisikan oleh komputer perangkat lunak algoritma, atau mirip matematika atau mekanis atau acak proses otonom. Sonia Landy Sheridan didirikan Sistem generatif sebagai sebuah program di School of Art Institute of Chicago pada tahun 1970 sebagai respon terhadap perubahan sosial yang dibawa sebagian oleh computer robot revolusi komunikasi. Program, yang membawa seniman dan ilmuwan bersama-sama, adalah usaha untuk mengubah peran pasif artis menjadi satu aktif dengan mempromosikan penyelidikan kontemporer ilmiah-teknologi sistem dan hubungan mereka dengan seni dan kehidupan. Tidak seperti mesin fotokopi seni, yang merupakan komersial sederhana spin-off, Sistem generatif sebenarnya terlibat dalam pengembangan sistem elegan namun sederhana dimaksudkan untuk digunakan kreatif dengan populasi umum. Sistem generatif seniman berusaha untuk menjembatani kesenjangan antara elit dan pemula dengan mengarahkan jalur komunikasi antara dua, sehingga membawa informasi generasi pertama ke nomor besar orang dan melewati pengusaha.
d) Proses seni: Proses seni adalah sebuah gerakan seni serta pandangan sentimen dan dunia kreatif di mana produk akhir dari seni dan kerajinan, objet d'seni, bukan fokus utama. 'Proses' dalam seni proses mengacu pada proses pembentukan seni: pengumpulan, pemilahan, menyusun, menghubungkan, dan pola. Proses seni berkaitan dengan melakukan yang sebenarnya; seni sebagai ritus, ritual, dan kinerja. Proses seni sering memerlukan motivasi, pemikiran yang melekat, dan intensionalitas. Oleh karena itu, seni dipandang sebagai sebuah perjalanan kreatif atau proses, bukan sebagai produk penyampaian atau akhir.
Dalam wacana seni karya Jackson Pollock dipuji sebagai suatu pendahuluan. Proses seni dalam pekerjaannya kebetulan memiliki korespondensi ditandai dengan Dada. Perubahan dan kefanaan adalah tema ditandai dalam gerakan seni proses. Para Guggenheim Museum menyatakan bahwa Robert Morris pada tahun 1968 memiliki pameran inovatif dan esai mendefinisikan gerakan dan negara-negara Situs Museum sebagai "seniman Proses terlibat dalam petugas masalah untuk tubuh, kejadian acak, improvisasi, dan kualitas membebaskan bahan non-tradisional seperti lilin, merasa, dan lateks. Mereka menciptakan bentuk-bentuk eksentrik dalam pengaturan teratur atau tidak teratur yang dihasilkan oleh tindakan seperti memotong, gantung, dan menjatuhkan, atau proses seperti pertumbuhan organik, kondensasi, pembekuan, atau dekomposisi ".
e) Seni sismetik: Menurut Chilvers (2004) "sebelumnya pada tahun 1966 kritikus seni Inggris Lawrence Alloway telah menciptakan istilah "seni sistemik", untuk menggambarkan suatu jenis seni abstrak ditandai dengan penggunaan bentuk-bentuk standar yang sangat sederhana, biasanya geometris dalam karakter, baik dalam gambar tunggal atau berulang terkonsentrasi dalam suatu sistem yang diatur menurut prinsip terlihat jelas organisasi Ia menganggap lukisan-lukisan dari chevron. Kenneth Noland sebagai contoh seni sistemik, dan dianggap ini sebagai cabang dari seni Minimal ".
Harries dianggap sebagai landasan bersama dalam ide-ide yang mendasari perkembangan seni abad 20 seperti seni Serial, Sistem Seni, Konstruktivisme dan seni kinetik. Seni semacam ini seringkali tidak berasal langsung dari pengamatan hal terlihat dalam lingkungan alam eksternal, tetapi dari pengamatan bentuk digambarkan dan hubungan antara mereka. Sistem seni, menurut Harries, merupakan upaya yang disengaja oleh seniman untuk mengembangkan kerangka yang lebih fleksibel referensi. Sebuah gaya di mana kerangka referensinya diambil sebagai model untuk ditiru bukan sebagai sistem kognitif, yang hanya mengarah pada pelembagaan model dikenakan. Tapi untuk mentransfer makna gambar ke lokasi di dalam suatu struktur sistemik dan tidak menghapus kebutuhan untuk mendefinisikan unsur-unsur konstitutif dari sistem. Jika mereka tidak didefinisikan, orang tidak akan tahu bagaimana membangun system.
f) Lukisan sistemik: Lukisan sistemik, menurut Auping (1989) "adalah judul pameran yang sangat berpengaruh di Guggenheim Museum pada tahun 1966 berkumpul dan pengenalan ditulis oleh Lawrence Alloway sebagai kurator Acara ini berisi berbagai karya yang banyak kritikus hari ini akan menganggap bagian dari seni Minimal ". "Lukisan, seperti yang dalam pameran ini tidak seperti yang telah sering diklaim, impersonal pribadi ini tidak dihapuskan dengan menggunakan teknik rapi Anonimitas bukanlah konsekuensi yang sangat menyelesaikan lukisan". Istilah "sistemik lukisan "di kemudian hari telah menjadi nama bagi para seniman yang menggunakan sistem membuat sejumlah keputusan estetika sebelum memulai melukis.
g) Sistem patung: Menurut Feldman (1987) " seni seri, seri lukisan, patung dan sistem ABC seni, seni adalah gaya tahun 1960-an dan 1970-an di mana konfigurasi geometris sederhana yang berulang dengan variasi sedikit atau tidak ada Sequences menjadi. penting dalam matematika dan konteks linguistik. Karya-karya ini bergantung pada pengaturan sederhana dari volume dasar dan void, permukaan mekanis diproduksi, dan permutasi bentuk aljabar. Dampak pada penampil, bagaimanapun, adalah sesuatu tapi sederhana ".

2.2 peran masyarakat terhadap budaya keseniaan di Indonesia
Bangsa Indonesia dianugrahi sejumlah besar jenis seni tradisional, baik seni rupa maupun seni pertunjukan. Namun sebanyak itu pula masalah yang dihadapi sehubungan dengan warisan yang berharga itu. Bagi masyarakat lama, sebagai pencipta dan pendukungnya, di antaranya seni-seni tradisional ini merupakan bagian dari upacara. Di Kanekes, angklung Baduy adalah bagian yang tidak terpisahkan dari upacara padi, baik pada masa menanam maupun pada upacara Seren Taun, ketika padi diantar dengan segala kemeriahan ke lumbung umum. Sedang seni pantun adalah bagian dari upacara ngaruwat (ngalokat), di mana suatu tempat (misalnya rumah baru) diselamatkan.
Sebelum Perang Dunia II, di daerah Priangan, wayang golek adalah bagian dari upacara perkawinan, ibing pencak bagian dari upacara khitanan. Sedang seni beluk biasa dilaksanakan kalau ada kelahiran. Pada seni longser, khususnya erotisisme pada tariannya dan pada pola struktural ceritanya, kuat dugaan kita tentang hubungan teater itu dengan upacara kesuburan.
Namun seni tradisionalpun juga bagian dari kegiatan kerja. Dengan gaya beluk, seorang petani menggiring pasangan kerbaunya membajak sawah. Demikian pula para nelayan, menarik jaring dengan menyanyi rambate-rata hayu !
Seni tradisionalpun jadi bagian dari hiburan. Sebuah gambang yang diletakkan di serambi dan ditabuh pada sore hari tanpa pendengar atau penonton adalah perlengkapan menghibur diri. Demikian pula sebuah kecapi siter di warung kopi, yang boleh dipetik siapa saja yang sudi, adalah juga alat menghibur diri.
Namun seni tradisionalpun juga merupakan medium pergaulan. Seperti tari Tayub, misalnya, adalah tari dengan apa seseorang dapat bergaul dengan sesamanya dan memperluas hubungan kerja.
Namun seni tradisionalpun juga merupakan medium pergaulan. Seperti tari Tayub Jawa, misalnya, adalah tari dengan apa seseorang dapat bergaul dengan sesamanya dan memperluas hubungan kerja.
Pada tari Keurseus Jawa barat, di mana penari mulai sangat memperhatikan keindahan dan gaya menari yang khas pribadi, pengalaman estetik mulai merasuk, baik bagi penari maupun bagi yang menonton. Demikian pula halnya dengan Tembang Sunda Cianjuran, di mana ketepatan pelaksanaan dan gaya penyanyi yang tiada duanya mendapat penghargaan yang tinggi.
Salah satu ciri dari masyarakat maju adalah kemampuannya dalam menyelamatkan dan melestarikan seni. Indonesia, sebagai bangsa yang dianugrahi begitu banyak jenis kesenian selayaknya sangat perduli dengan upaya penyelamatan dan pelestarian itu.
Indonesia benar-benar berlomba dengan waktu dalam menyelamatkan berbagai jenis kesenian yang ada di Indonesia.Bagi jenis-jenis yang sudah rusak dan atau benar-benar sudah tercerai-berai, perlu dilakukan rekonstruksi. Perekaman dalam bentuk CD Rom adalah salah satu cara penyelamatan tersebut.
Berdasarkan perekaman seperti itu dapat pula dilakukan revitalisasi. Terhadap karya seni yang sudah terekam itu dilakukan pengemasan dan rekontekstualisasi. Seni ‘baru’ yang sudah dikemas dan direkonstekstualsiasi itu diharapkan akan mengalami revitalisasi. Untuk melaksnakan upaya-upaya tersebut tentu diperlukan tenaga profesional, yaitu kurator untuk seni rupa, dramaturg untuk seni pertunjukan. Untuk semua upaya itu, kita tidak dapat menunggu.







BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari penulisan makalah diatas dapat kami simpulkan sebagai berikut. ada beberapa istilah mengenai sistem kesenian, mulai dari anti bentuk gerakan, seni cybernetic, sistem generatife, seni proses, sistem estetika, sistem sistemik, lukisan sistemik, seni patung.
Dari beberapa istilah mengenai sistem kesenian di atas banyak pula masyarakat yang berperan aktif dalam meningkatkan nilai-nilai budaya kesenian yang ada di Indonesia. Seni tradisionalpun tetap melekat pada diri masyarakat yang memang berpengaruh terhadap budaya kesenian yang ada di daerah/suku.









3.2 Saran

Budaya merupakan satu rangkaian yang tak bisa di pisahkan dari masyarakat Indonesia. Budaya sangat penting bagi msyarakat,tapi di jaman modern ini kebudayaan yang ada di Indonesia mulai menurun, dari tari-tarian, seni patung dll, mulai dilupakan oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia, terutama kebudayaan seni.
Terbentuknya suatu kebudayaan tergantung pada generasi mudanya, apakah mereka dapat melestarikan kebudayaan tersebut kepada anak cucu mereka. Sehingga terbentuklah suatu kebudayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.






























DAFTAR PUSTAKA


Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat. Komunikasi Antarbudaya:Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. 2006. Bandung:Remaja Rosdakarya.
http://djempolan-manis.blogspot.com/2007/09/kebudayaan-dan-kesenian.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Kesenian
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Systems_art
http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/805

Minggu, 03 Oktober 2010

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Di Indonesia ini banyak tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan yang tumbuh. Indonesia adalah daerah beriklim tropis, maka sangat baik bila ditanami oleh tumbuhan, Seperti buah labu atau biasa di kenal dengan sebutan waluh. Labu adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Yang mana penanamannya tidak sulit, baik pembibitannya, perawatannya, hasilnyapun cukup memberikan nilai ekonomis untuk Masyarakat.
Banyak sekali manfaat dari buah ini. Tidak hanya buahnya, kulitnya pun bermanfaat bagi kita. Kita bisa menjadikannya sebagai makanan yang siap saji, tapi bisa juga untuk pengobatan. Untuk orang yang tidak begitu suka dengan buah labu bisa di olah menjadi manisan.
Hasil panen pertanian di Indonesia sangat banyak keuntungan dan kerugiannya salah satunya pada buah labu. Akan tetapi kalau petani-petani banyak yang sedang panen labu maka hasil panen akan menumpuk, Dan harga labu di pasaran akan menurun. Itu akan menjadikan petani rugi banyak. Untuk memanfaatkan buah labu yang harganya sedang turun itu, kita bisa mengolah buah labu itu untuk di jadikan makanan siap saji. Kita bisa memanfaatkannya dengan cara di olah menjadi manisan. Selain untuk mengenyangkan perut labu juga banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Dan banyak juga kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah labu.

1.2. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat di rumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa saja kandungan dari buah labu ?
2. Bagaimanakah cara pembuatan manisan dari buah labu ?
3. Bagaimanakah manfaat buah labu untuk kesehatan ?
4. Apakah dengan pembuatan manisan buah labu dapat meningkatkan nilai ekonomisnya ?
1.3. TUJUAN PENULISAN
Dalam penulisan karya tulis, penulis bertujuan:
1. untuk mengetahui kandungan dari buah labu.
2. untuk mengetahui cara pembuatan manisan dari buah labu.
3. untuk mengetahui manfaat buah labu, dan bisa dijadikan manisan.
4. Untuk mengetahui nilai ekonomi manisan dari buah labu.








BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Kandungan Buah Labu
Labu berwarna oranye. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna oranye. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji besar dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin A.
Selain enak dibuat aneka makanan, labu kuning juga serat gizi. Buah ini banyak mengandung vitamin C, vitamin A, juga serat. Tak cuma kolak, labu kuning bisa diolah menjadi aneka macam makanan, baik yang bercita rasa gurih atau manis.
Soal rasa, tak perlu diragukan. Tapi anehnya, walau sedap dan luwes, labu kuning kurang populer di kalangan masyarakat kita. Lihat saja para tukang sayur keliling, mereka cuma menjajakan labu kuning pada saat bulan Ramadhan sebagai bahan baku untuk membuat kolak. Hal ini tentu sangat disayangkan. Sebab, labu kuning sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang tinggi, salah satunya pro-vitamin A. Selain itu, labu kuning juga mengandung vitamin C, serat, dan karbohidrat yang cukup tinggi.
Adapun unsur Vitamin dan yang terkandung di dalam tanaman ini adalah:
- Dalam 100 gr labu kuning ada 34 kalori.
- Lemak 0,8 gram
- 45 mg Kalsium.
- Mineral 0,8 gram
- Serat
- Vitamin C
- Vitamin A




Melihat kandungan gizinya, olahan dari labu kuning sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua. Labu kuning merupakan satu-satunya buah yang awet/tahan lama. Labu kuning akan awet asal disimpan di tempat yang bersih dan kering, serta tidak ada luka pada buah ini. Jika sampai luka, labu kuning akan mengeluarkan semacam gas yang bisa memicu terjadinya berbagai macam perubahan di bagian dalam buah. Labu kuning yang bagus bisa disimpan sampai tiga bulan tanpa ada perubahan yang berarti. Buah yang dikenal dengan sejumlah nama lain seperti: waluh, labu merah, labu manis, labu parang (Jawa Barat) atau pumpkin (Inggris) ini, tak cuma dikenal di Indonesia. Bahkan di sejumlah Negara.
Jadi waluh ini sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang Dewasa.
Kandungan kimia dalam tanaman buah labu ini sebagai berikut:
1. Saponin
Menjadi sumber anti-bakteri dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah.
2. Flavanoid
Melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pebuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah.
mengurangi kadar jantung koroner,mengandung anti-inflasi (anti-radang),berfungsi sebagai anti oksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembekakan
3. Tanin
sebagai pengikat protein dan sebagai pelindung protein dari degradasi mikroba rumen.
kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, bermanfaat mengurangi resiko sembelit. Di samping itu, kandungan lemak labu kuning juga rendah sehingga tidak perlu takut apabila mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.














2.2. Cara Mengolah Manisan Dari Buah Labu
Untuk mengolah buah labu agar dapat di jadikan manisan pertama-tama kita harus mempunyai bahan-bahan dan alat-alat yang di perlukan. Bahan-bahan yang di perlukan untuk pembuatan manisan adalah:
a. Bahan untuk membuat manisan dari buah labu
1. Labu
2. Gula secukupnya/menurut selera
3. Air
4. Vanelli
Kalau sudah bahan-bahan yang di butuhkan maka sekarang kita mencari alat-alat apa saja yang di gunakan dalam pembuatan manisan ini.
b. Alat-alat yang di gunakan untuk membuat manisan
1. Pengaduk
2. Panci
3. Kompor
Setelah siap semua, maka kita memulai untuk mengolah labu.
c. Cara membuat manisan dari labu
1. Pertama-tama labu di kupas dan di cuci sampai bersih.
2. Kemudian labu di rendam dalam air kapur selama 1 malam.
3. Setelah selesai di rendam, labu di kukus setengah matang.
4. Kemudian, ambillah gula secukupnya dan berilah air lalu didihkan sampai kental.
5. Setelah labu matang,masukkan labu ke dalam gula yang sudah kental tadi.
6. Tambahkan vanelli untuk penyedap rasa,lalu aduk hingga merata.
7. Setelah itu, jemur hingga kering.
8. Manisan siap untuk di hidangkan.


2.3. Manfaat Buah Labu Terhadap Kesehatan

Lewat sejumlah penelitian yang dilakukan para ahli diketahui pula, labu kuning memainkan peranan penting dalam mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus (kencing manis), arterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), jantung koroner, tekanan darah tinggi, bahkan bisa pula mencegah kanker. Bahkan di sejumlah negara, labu kuning telah dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Tak cuma dibuat makanan atau tepung, buah ini juga dimanfaatkan untuk membuat kosmetik.
Ternyata bukan buahnya saja yang bermanfaat, ilmuan Korea pun telah menyebutkan, kulit labu mengandung senyawa kimia yang bisa mengobati penyakit. Bahkan sebelumnya labu sudah sering digunakan sebagai obat tradisional di negara-negara seperti China dan India. Tidak hannya di Indonesiasaja buah labu bermanfaat. Tetapi di Negara-negara lainpun labu sudah bermanfaat. Senyawa antijamur ini rupanya tak hanya ditemukan pada kulit labu saja. Bagian daun dan biji labupun terindentifikasi mengandung bahan anti jamur yang sangat bermanfaat. para ilmuwan Korea yang tengah berusaha menemukan zat antibiotik baru kemudian meneliti labu.
Mereka kemudian membersihkan sisa protein yang ada pada kulit labu. Setelah itu mereka mengujinya pada salah satu jenis mikroba bernama Candida albicans, yaitu jenis jamur yang mengakibatkan infeksi pada daerah intim kewanitaan dan alergi pada bayi akibat penggunaan popok. Mereka mengidentifikasi satu jenis protein yang terdapat pada labu tersebut memiliki efek anti jamur yang sangat kuat. protein ini bahkan mematikan pertumbuhan candida albicans dan tidak menimbulkan racun sama sekali.
Para ilmuan percaya, protein ini dapat dikembangkan menjadi obat untuk menyembuhkan infeksi jamur. Mereka juga menduga, protein tersebut dapat direkayasa secara genetik dan diberikan kepada tanaman pertanian agar terhindar dari serangan jamur.
2.4. Nilai Ekonomi Dari Buah Labu
Di Negara Indonesia ini, hasil panen buah labu biasanya mengalami penurunan harga di pasaran. Itu menyebabkan banyak petani yang mengalami kerugian besar. Di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket, Buah labu tidak begitu di minati oleh masyarakat. Untuk menanggulangi kerugian yang di alami petani ini, Kita bisa memanfaatkan buah labu yang harganya turun menjadi naik dan banyak diminati oleh masyarakat.
Dengan dijadikan manisan dan di jual di pasar-pasar, maka nilai ekonomi dari buah labu itu akan meningkat. Karena buah labu itu mempunyai kandungan gizi yang banyak dan baik untuk di konsumsi setiap hari. Dengan begini nilai ekonomi buah labu akan meningkat.












BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari penulisan manfaat buah labu untuk di jadikan manisan diatas dapat kami simpulkan sebagai berikut. Buah labu adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia.
Banyak sekali buah labu yang hidup di Indonesia. Pada buah labu banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satu manfaat buah labu adalah sebagai obat tradisional. Apabila menyukainya buah labu dapat langsung dimakan tapi, bagi orang yang tidak begitu suka bisa di olah menjadi makanan yang anda inginkan. Misalnya,dijadikan manisan.akan lebih nikmat rasanya bila anda bisa mengolah dengan baik.
Banyak sekali manfaat dari buah labu itu. Dan masih banyak lagi manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah labu.












3.2 Saran
Dari penulisan karya tulis di atas, kita bisa mempergunakan apapun yang bisa tumbuh dan hidup di Indonesia tanpa membuangnya dan membeli di luar negeri. Dengan begini kita tidak perlu membuang-buang uang yang lebih banyak untuk pengobatan. Kita bisa memanfaatkan tumbuhan dan di olah menjadi obat tradisional. Kita harus bersyukur atas apa yang telah di berikan Allah SWT kepada kita.karena dengan tumbuhan yang sederhana dan biasa kita remehkan manfaatnya justru malah baik untuk di konsumsi sehari-hari dan mengandung banyak manfaat di dalamnya. Tumbuhan dan buah-buahan merukan ciptaan Allah SWT. Yang wajib kita syukuri dan kita jaga bersama-sama.















DAFTAR PUSTAKA
Campbell.2004. BIOLOGI Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Jusuf, M.2007. Genetika.Jakarta : Universitas Terbuka.
.http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?mnu=2&id=206 (di unduh tgl 25 April 2010 pkl.13.15)
http://www.naturindonesia.com/tanaman-obat-indonesia/abjad-awal-b/148-blustru.html (di unduh tgl 25 April 2010 pkl.14.15)
http://komplemen.com/modules.php?name=toga&page=Blustru.htm (di unduh tgl 25 April 2010 pkl.14.15)
http://www.essence-of-mineral-makeup.com/luffa-cylindrica.html (di unduh tgl 5 Mei 2010 pkl.13.15)
www.narc.org.np/publicaton/.../Descriptors%20Sponge%20gourd.PDF

Senin, 21 Juni 2010

Creating 'After the jump' summaries

Creating 'After the jump' summaries

Selasa, 20 April 2010

tugas bahasa jepang

あしらせ




1月 9日ー1月 20日 テスト
1月 21日  せいせき お もらう 日
あしらせ

1月 9日ー1月 20日 テスト
1月 21日  せいせき お もらう 日
1月 22日ー1月 29日 やすみ 
1月 30日ー 2がっき
4月 11日―4月 15日 がっこう の たんじょうび

こうちょう せんせい



スタリ


なまえ たんじょうび

アルマ 3月 9日
アウラ 3月 24日
アイン 1月 8日
エラ 6月 9日
フィトリ 8月 31日
イラ 4月 6日
キキ 6月 10日
ルシ 3月 25日
ミタ 7月 3日
ノルマ 3月 28日
ププト 4月 29日
リスチ 10月 25日
ロイク 1月 20日
ユニ 6月 11日
ズィ 8月 31日


1.タイ の がっこ わ 5月 から 4月 までです。
2.にほん の がっこ わ 4月 から 3月 までです。
3.アメリカ の がっこ わ 9月 から 6月 までです。
4.オーストラリア の がっこ わ 2月 から 12月 までです。

Sabtu, 26 Desember 2009

minggu,27.2009

hari ini begitu melelahkan,kemarin habis out bond,dan sekarang q harus masuk sekolah seperti
biasa,huh...benar-benar melelahkan.q udah ngerasa hari-hari ini q bakalan gak fit,tubuhku lagi gak enak badan.

Senin, 14 Desember 2009

fuw......?

Padahal aku sudah menunggunya, tapi tetap aja dia nggak datang-datang. Aku sudah capek menunggu di depan gerbang sekolah. jam menunjukkan waktu 14.00 wib. Terik matahari yang membuat kulit putihku berubah dan timbul bintik-bintik merah di wajahku, Indonesia saat ini lagi musim kemarau, Dan di kota metropolitan inilah aku terdampar disini. Andai papa nggak membawa mama dan aku pindah ke Indonesia, aku nggak akan kepanasan seperti ini. Di kota kelahiranku, Belandalah yang membuat hidupku tenang. Di Belanda aku bisa meneruskan bakat tanpa les ke guru lain, kalau di Indonesia aku harus les ke guru lain.Tilililit handphoneku berdering, aku segera mengangkatnya “halo” sapaku “halo cantik, maaf ya aku nggak bisa jemput kamu sekarang, karena aku lagi ada jam tambahan dari dosen, dan mungkin aku nanti pulang jam 3 an. Ocehannya tak berhenti “ya udalah kalo kamu emang punya jam tambahan, tapi lain kali bilang ya, karena aku udah nunggu kamu”. “ya aku janji lain kali aku akan jemput kamu”. Aku tutup ponsel aku dan segera mencari taxi agar kulitku nggak tambah hitam.Sesampai dirumah, aku bergegas naik ke atas menuju kamarku dan tergeletak di atas kasur, saking lelahnya sampai aku tertidur pulas hingga jam menunjukkan pukul 21.00 WIB. Ada yang mengetok pintu kamarku. “ fuw lagi ngapain? Ayo buka pintunya”. Kata mama terdengar dari kamarku. O iya, kamu semua kan belum tahu tokoh pertama di cerpen ini, namaku Safuro Huruhara, temen-temen sih memanggilku Fuw dari kata Furo kedengarannya unik ya, yang memberi nama ini adalah papaku. Papaku asal Afrika dan di Afrika ada gurun Sahara,lah namaku belakangnya dikasih Hara, kata papa sih agar aku selalu ingat bahwa aku juga keturunan Afrika.padahal aku paling benci sama Afrika. Dan mamaku asal Belanda, sekarang aku terdampar di negara Indonesia. Aku mempunyai pacar orang Rusia namanya Oriza Sativa, aku memanggilnya Oriz, “ya ma bentar”. Aku bergegas membuka pintu.”da pa ma”. Tanyaku pada mama. “ ini lo ada bingkisan dari Oriz”. Kata mama sambil menyerahkan bingkisan itu padaku
lha Oriznya mana ma?”. Tanyaku " udah pulang"." kok gak suruh nunggu sih ma”. ya kamu dibangunin dari tadi nggak bangun-bangun, itu lho ada suratnya”." o iya”. Mama pergi dan aku segera membuka surat itu

Cantik bukalah Kordenmu sekarangAku ada di taman rumahmu Aku segera membuka korden kamarku,
Dan dia sudah berdiri di depan rumahku tepatnya ditaman rumahku “Cepat keluar aku mau ngomong sama kamu”. Aku bergegas keluar rumah dan menemuinya”.Lho kata mama kamu sudah pulang". Tanyaku."aku nungguin kamu dari jam 8"."kok nggak masuk kedalam aja”.“nggak ah malez, enakan disini sambil lihat bintang-bintang”."trus kamu kesini hanya mau lihat bintang-bintang aja, nggak mau ketemu aku”. Tanyaku menggoda Ya nggaklah cantik, aku kesini hanya mau mastiin kamu aja, apa kamu tadi pulang dengan selamat atau tidak”Kog gitu doang jawabnya”

Lha habisnya mau bilang apa lagi, kan kamu dah disini bersamaku”.

emangnya, kamu bahagia nggak kalo aku selalu ada disampingmu”.tanyanya

ya pasti bahagialah, kenapa kog tanyanya ghie tu”.

ya kalo seandainya aja aku ninggalin kamu gimana”. Jawabnya sambil berbaring di pangkuanku.

ninggalin? Maksudnya, kamu udah nggak sayang lagi sama aku”. Selidikku.

bukan ghitu, suatu saat kalo aku dipanggil sama Tuhan”

udah ah, aku nggak mau dengernya kalo kamu kayak ghetu”

O iya, besok ketemuan yuk, ditempat biasa”. Dia berdiri dan pamit ma aku.

Aku pulang dulu ya? Sampai ketemu besok, love you”.

Love you too”.


1 jam aku menunggu Oriz, dia masih belum muncul juga. Lama-lama aku bosan menunggunya, aku mencoba menelponnya tapi hapenya nggak aktif, tiba-tiba hanphoneku berbunyi "Afnan" “ada apa Nan, tumben telpon jam segini”. Afnan itu teman kuliyahnya Oriz.

Lo sekarang lagi dimana?” Tanyanya balik.

Gue lagi di café nungguin Oriz, Oia lo sekarang lagi sama Oriz nggak? Soalnya Oriz ngajak ketemuan disini”.

O iya, Oriz sekarang sama gue,dan sekarang lo cepetan kerumah sakit”. Ungkapnya menutup telp. Kerumah sakit? Siapa yang sakit ya udalah aku kesana aja siapa tau tante Sita, Tante Sita itu mamanya Oriz. Aku bergegas menyetater mobil dan menuju ke rumah sakit.

(****)

Sunyi sepi yang ku dengar hanya suara AC dari kamar Oriz, tante memelukku seerat-eratnya tak tahan aku membendung tangisku, mata tante pun mulai membengkak. Aku tak tau Oriz sakit apa hingga dia berbarimg lemah tak kuat menahan tubuhnya, aku nggak siap bila harus kehilangan Oriz dan aku juga nggak rela kalo Oriz harus di blebet dengan peralatan medis. Oriz kenapa kamu nggak pernah bilang kalo kamu punya penyakit, apa saking bodohnya aku sehingga aku nggak tau kalo pacarku mempunyai penyakit sehingga berbaring lemah di rumah sakit, jeritku dalam hati.

Tenang Fuw … tenang … tenangkan dirimu … “ ucap tante menahan tangisnya, dia lebih tagar menghadapi cobaan ini dari pada aku.

tapi tante, kenapa dia nggak pernah bilang kalo dia tuh sakit”.

dia nggak mau nyusain kamu, dan dia juga nggak mau karna gara-gara dia kamu harus mikirin dia dan lagian kamu juga sudah kelas 3 bentar lagi kamu ujian. Karena kamulah dia masih bertahan hidup sampai sekarang, mungkin kalo nggak ada kamu umurnya nggak akan lama lagi”. Aku menjerit dalam hati, aku tertegun mendengar kata-kata dari tante Sita. Tiba-tiba dokter masuk

Gimana bu, udah ada pendonornya?” pendonor? Tanya ku dalam hati

tante, Oriz sakit apa?” Tanya ku penasaran.

Oriz sakit gagal ginjal

gimana bu, kalo beberapa hari ini Oriz tidak dapat pendonor ginjal, maka Oriz nggak bisa bertahan hidup lebih lama lagi”. Ucap dokter mendebarkan jantung ku.

Saya dok, saya pendonornya. Saya siap di donorkan ginjal saya buat Oriz, saya aja tante”.

tapi Fuw”. Cegah tante

nggak papa tante, saya siap menanggung resikonya asal Oriz bisa selamat” aku udah nggak tau apa yang ada di fikiranku, ku hanya ingin mendonorkan ginjalku untuk Oriz.

Ya udah kalo gheto mari ikut saya,biar saya periksa ginjal kamu dulu” ucap dokter lalu keluar dari kamar Oriz.

Sebelum keluar aku berpesan pada tante memohon untuk ngomong sebentar sama Oriz. ”Oriz kamu harus bertahan ya? Sebentar lagi ginjalku akan hidup ditubuh mu. Agar kamu bisa hidup bersamaku dan kita kelak akan menjadi pasangan yang paling romantis . karna kita sama sama mempunyai 1 ginjal yang sama. Tunggu aku ya dan doakan aku semoga operasinya berjalan dengan lancar .” aku meninggalkan Oriz yang berbaring lemah diatas ranjang rumah sakit.Lampu dinyalakan dan peralatan medis telah siap untuk mengambil ginjalku ini .Sebelum aku dibius aku meminta suster selembar kertas dan pen ,lalu aku menulis surat untuk Oriz .Setelah menulis surat aku taruh dibawah bantal operasiku. 2 jam kemudian dokter keluar dari ruang operasi.

gimana dok ? apa Oriz dan Fuw selamat ?”tanya tante Sita .

ma’afkan saya bu ,Oriz selamat dan mendapatkan ginjal baru ,tapi Fuw …..”.kata dokter terputus .

Fuw kenapa dok ?”.tante semakin panik.

Fuw meninggal dan tak terselamatkan “.tante Sita lemas tak tertahankan .

(****)

1 minggu kemudian“Fuw ….Fuw …”.Oriz tersadar .

Oriz …Oriz kamu sudah sadar “. tanya tante Sita dan matanya berkaca-kaca .

ma ,Fuw…. dimana ?tanya Oriz .

Fuw ?”.tante Sita bingung mau ngomong apa.

kenapa Ma koq nggak dijawab “.

Fuw sudah senang disana ,ini ada surat dari Fuw ,

Mama menemukannya dibawah bantalnya”.tante menyerahkan sepucuk surat .

Sebelumnya ,aku minta ma’af kalo aku punya salah sama kamu mungkin waktu kamu baca surat ini aku udah nggak ada didunia ini,dan ginjal yang ada ditubuh kamu itu adalah ginjalku ,aku tahu kamu pasti membenciku,tapi itu aku lakukan karna aku nggak mau kamu meninggalkanku ,tapi kamu jangan sedih karna aku selalu menemanimu dan ginjalku ada dihatimu ,itu berarti aku masih hidup ,tapi hidup ditubuhmu .

Pesanku lanjutkan kehidupanmu dengan lebih baik dan simpanlah aku dihatimu untuk selamanya.Meskipun akhirnya kamu menikah dengan orang lain ,tapi jangan pernah melupakanku.

from:safuro huruhara

Minggu, 13 Desember 2009

kesedihan hati

Aku terperanjat dalam jeritanku,mengapa aku harus seperti ini????.aku sekarang udah ga' punya siapa2 aghi,aku ga' tau mengapa musibah ini terjadi?tanyaku dalam hati.mama papaku udah bercerai,gimana dengan nasibku?gue takut sekolah,pastie nak2 tertawain gue,,,

karna disinilah banyak anak2 yang berbakat.ada yang bakatnya main basket,teater,jurnalis,KIR,KKR,PMR,KB.ARAB,bimble kimia,model termasuk gue.(promosi)banyak kan.......